MALANGTIMES - Terkadang bagi sebagian orang berwisata menggunakan transportasi umum memang menjadi pilihan. Alasannya agar bisa menikmati waktu perjalanan. 

Memang ada banyak keuntungan menaiki transportasi umum. Salah satunya adalah tarif transportasi umum cenderung lebih murah ketimbang transportasi lainnya.

Selain itu, tentu memiliki pengalaman yang berbeda saat menaiki transportasi umum. Bagi kalian yang akan berlibur di suatu kota dan berencana untuk menaiki transportasi umum pada saat berwisata, berikut tipsnya agar merasa aman dan nyaman di perjalanan.

1. Jaga stamina
Jika sudah memutuskan untuk naik angkutan umum, maka stamina tubuh harus diperhatikan. Jangan sampai kalian tertidur selama di perjalanan, biasanya bisa saja akan terlewatkan tempat tujuan.


2. Perhatikan tarif
Tarif angkutan umum biasanya melihat jarak tempuh dan dipatok berdasarkan jarak terjauh dan terdekat. Karena itu, kalian harus memastikan berapa tarif yang harus dibayar, jangan sampai dirugikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Trayek
Berada di kota yang baru, pasti kalian tidak akan tahu trayek angkutan umum di kota tersebut. Agar tidak bingung dan tersesat, maka jangan ragu untuk bertanya kepada warga setempat dan mencatatnya untuk bahan pengingat.

4. Persiapkan uang pecahan
Untuk membayar ongkos angkutan umum, kalian harus menggunakan uang pecahan. Hal itu dimaksudkan agar kalian tidak perlu lagi menunggu kembalian dan lebih cepat jika kamu membayarnya dengan jumlah yang pas.

Melihat untuk beberapa kasus, ada sopir angkutan umum yang sulit untuk memberi kembalian karena tidak ada uang pecahan.