Foto bersama DLH Kota Malang setelah mendapat penghargaan Adiwiyata dari KLHK (DLH Kota Malang for MalangTIMES)
Foto bersama DLH Kota Malang setelah mendapat penghargaan Adiwiyata dari KLHK (DLH Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - 20 sekolah di Kota Malang binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang yang mengikuti program Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) semuanya mendapat penghargaan yakni Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional 2019.

Sebuah prestasi membanggakan dari DLH Kota Malang yang membawa 20 sekolah mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan mendapatkan penghargaan dari KLHK dalam ajang Adiwiyata 2019. Penghargaan tersebut diberikan di kantor pusat KLHK di Jakarta pada Jumat (13/12/2019).

Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Kota Malang, Galuh Nawang R. ST, MT mengatakan bahwa prestasi ini sangat membanggakan bagi dirinya selalu bidang yang menangani Adiwiyata. Namun dengan penghargaan ini ia merasa harus memiliki komitmen untuk mempertahankan agar di tahun 2020 minimal bisa bisa melebihi yang mendapat gelar di tahun ini.

"Pokoknya progres untuk tahun ini cukup meningkat dalam kuantitas, berharap tahun depan lebih baik lagi dan mempertahankan predikat yang sudah kita raih saat ini. Karena mempertahankan lebih sulit daripada meraih," ungkap Galuh kepada MalangTIMES belum lama ini.

Diakui Galuh untuk mendapatkan penghargaan ini bukanlah perkara mudah, karena ia harus keliling ke setiap sekolah untuk sinkronisasi data dan keadaan sekolah tersebut. Bahkan yang lebih sulit menurutnya adalah ketika sekolah tersebut belum memiliki inovasi.

"Jadi kami sudah sosialisasikan kepada sekolah agar terus berinovasi agar mendapat nilai tambahan," katanya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Malang Rinawati mengapresiasi atas pencapaian 20 sekolah yang mendapat penghargaan dari KLHK pada tahun 2019. Dan ia berharap di tahun-tahun berikutnya agar bisa meningkatkan kuantitas bahkan kualitas sehingga gelar tersebut bisa bertambah.

"Saya mengapresiasi pencapaian 20 sekolah yang mendapat penghargaan ini. Saya harap tidak hanya di angka 20 saja, tapi kalau bisa terus bertambah dan Kota Malang bisa menjadi rujukan kota lain untuk mendapatkan penghargaan," imbuh Rinawati.