Salah satu spot foto di Goa pandawa Desa Gunungsari, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu spot foto di Goa pandawa Desa Gunungsari, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tahun 2020 mendatang Kota Batu akan memiliki tambahan 5 desa wisata. Dengan demikian ke depan wisatawan bisa memiliki berwisata di 19 desa di Kota Batu.

Jika 5 desa itu mampu diwujudkan, dengan demikian seluruh desa di Kota Batu telah berhasil mewujudkan  desa wisata. “Rencananya 5 desa itu akan dibuka tahun 2020 mendatang,” kata Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono.

Lima desa itu yakni di Kecamatan Batu ada di Desa Oro-Oro Ombo, Desa Sumberejo, Desa Pesanggrahan, dan di Kecamatan Junrejo ada di Desa Pendem, dan Desa Beji. Tentunya masing-masing desa itu memiliki konsep yang berbeda-beda.

Seperti halnya nanti di Desa Oro-Oro ombo, di sana akan mengusung wisata ecoriparian. Ecoriparian itu merupakan wisata pinggir sungai dengan konsep edukasi lingkungan.

“Harapannya masing-masing desa itu bisa mewujudkan wisata, karena dengan demikian akan mampu meningkatkan ekonomi,” imbuhnya.

Ya mewujudkan desa wisata itu upaya serius Pemkot Batu untuk membantu perekonomian masyarakat di Kota Batu. Agar ke depan desa bisa lebih mandiri dan berkembang.

Selain itu agar dapat memecah keramaian di Kota Batu. Sebab wisatawan dapat memilih berwisata di desa sesuai dengan keingianan.

“Desa wisata di Kota Batu punya kelebihan masing-masing, harapannya wisatawan bisa mengunjungi desa wisata di Kota Batu,” harap pria yang juga staf ahli ini.