Foto: Netflix (istimewa)
Foto: Netflix (istimewa)

MALANGTIMES - Nominasi penghargaan Academy Awards ke-91 atau Piala Oscar 2020 telah diumumkan secara resmi oleh pihak penyelenggara, The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS). Film Joker berhasil memimpin nominasi dengan 11 kategori termasuk Best Picture, Best Director untuk Todd Phillips, Best Actor untuk Joaquin Phoenix, serta Best Score untuk Hildur Gudnadottir.

Capaian itu disusul 'The Irishman', 'Once Upon a Time in Hollywood', dan '1917' yang masing-masing mendapatkan 10 kategori nominasi.

Menariknya, Netflix kembali mencetak sejarah dan rekor. Film-film produksi layanan streaming ini meraih 24 nominasi Oscar. Capaian tersebut mengalahkan studio-studio besar lainnya, seperti Disney dan kawan-kawan.

Berikut ini daftar film produksi Netflix yang mendapatkan nomoniasi Oscar 2020.

1. The Irishman

The Irishman adalah film biografi kejahatan yang disutradarai oleh Martin Scorsese dan ditulis oleh Steven Zaillian. Film ini diangkat dari buku I Heard You Paint Houses karya Charles Brandt. Dibintangi oleh aktor terkenal Robert De Niro, Al Pacino, dan Joe Pesci.

The Irishman bercerita tentang Frank Sheeran, pembunuh bayaran mafia dan veteran Perang Dunia II yang mengasah keterampilannya saat dinas di Italia. Di masa tuanya, ia menceritakan berbagai peristiwa yang memantapkan kariernya sebagai pembunuh bayaran, khususnya keterlibatannya dalam penculikan aktivis buruh Jimmy Hoffa, sahabatnya, dan hubungannya dengan keluarga mafia Bufalino.

Dengan anggaran sekitar $200 juta, ini adalah salah satu film termahal sepanjang karier Scorsese. The Irishman mendapatkan nominasi Oscar film terbaik, sutradara terbaik (Martin Scorsese), aktor pendukung terbaik (Al Pacino), aktor pendukung terbaik (Joe Pesci), sinematografi terbaik, desain kostum terbaik, skenario adaptasi terbaik, efek visual terbaik, desain produksi terbaik, dan penyuntingan film terbaik.

2. Marriage Story

Marriage Story adalah film drama komedi tahun 2019 yang ditulis dan disutradarai oleh Noah Baumbach. Film ini dibintangi oleh Scarlett Johansson, Adam Driver, Laura Dern, Alan Alda, dan Ray Liotta. Film ini bercerita tentang pasangan suami-istri yang menjalani proses perceraian.

Marriage Story mendapatkan nominasi Oscar film terbaik, aktor terbaik (Adam Driver), aktris terbaik (Scarlett Johansson), aktris pendukung terbaik (Laura Dem), musik orisinil terbaik (Randy Newman), dan naskah asli terbaik (Noah Baumbach).

3. The Two Popes

The Two Popes adalah sebuah film drama biografi tahun 2019 garapan Fernando Meirelles dan ditulis oleh Anthony McCarten, diadaptasi dari sandiwara 2017 karya McCarten The Pope. Film tersebut menampilkan Anthony Hopkins sebagai Paus Benediktus XVI dan Jonathan Pryce sebagai Kardinal Jorge Mario Bergoglio.

The Two Popes mendapatkan 3 nominasi Oscar aktor pendukung terbaik (Anthony Hopkins), aktor terbaik (Jonathan Pryce), dan skenario adaptasi terbaik.

4. American Factory

American Factory merupakan film dokumenter yang menyorot kisah pemikiran mengenai bentrokan budaya di sebuah pabrik di Dayton, Ohio.

Film ini merupakan buatan rumah produksi Higher Ground Production yang didirikan Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersama dan sang istri, Michelle Obama 

Film yang disutradarai oleh Steven Bognar dan Julia Reichert ini mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori film dokumenter terbaik.

5. Edge of Democracy

Edge of Democracy adalah film dokumenter Brasil tahun 2019 yang disutradarai oleh Petra Costa. Bercerita tentang kepemimpinan Lula setelah rezim militer di Brazil tumbang. Momen ini membuat masyarakatnya girang bukan main dan pembangunan ekonomi di negara tersebut dilakukan secara ambisius. Film ini mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori film dokumenter terbaik.

6. Life Overtakes Me

Life Overtakes Me adalah film dokumenter pendek Swedia-Amerika tahun 2019 yang disutradarai oleh Kristine Samuelson dan John Haptas. Film ini menggambarkan bagaimana ratusan anak-anak pengungsi di Swedia hidup dan tenggelam dalam kondisi mirip koma yang disebut Sindrom Pengunduran Diri. Film ini mendapatkan nominasi Oscar film dokumenter pendek terbaik.

7. I Lost My Body

I Lost My Body merupakan film garapan sutradara Jeremy Clapin. Film ini adalah adaptasi dari novel karya penulis Amelie yang bercerita tentang sebuah tangan yang terputus dari pemiliknya dan bergerak keluar dari laboratorium untuk menemukan bagian tubuh lainnya. Film ini mendapatkan nominasi kategori film animasi terbaik.

8. Klaus

Klaus adalah film drama komedi Natal animasi tahun 2019 Spanyol yang ditulis dan disutradarai oleh Sergio Pablos, diproduksi oleh perusahaannya Sergio Pablos Animation Studios. Klaus menceritakan tentang bagaimana Sinterklas muncul. Film ini mendapatkan nominasi kategori film animasi terbaik.