Pelaku yang telah berhasil ditangkap petugas Polsek Lowokwaru (ist)
Pelaku yang telah berhasil ditangkap petugas Polsek Lowokwaru (ist)

MALANGTIMES - Tak butuh waktu lama, kasus pencurian tiga HP disebuah konter yang ada di Jalan Candi Mendut 4, Lowokwaru, Kota Malang(23/1/2020) yang sempat viral di media sosial, kini telah terungkap pelakunya.

Pelakunya yakni, Zan Zan Antonio (26) warga Jalan Dr Soetomo II/5, Kelurahan Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang atau Perum BTN, Kelurahan Sumberporong, Kecamayan Lawang, Kabupaten Malang yang juga berprofesi sebagai tukang bubur keliling. "Pelaku ditangkap hari ini (25/1/2020), pukul 10.00 wib di sebuah toko bangunan di kawasan Lawang, Kabupaten Malang," ungkap Kapolsek Lowokwaru, Kompol Rizky Putra Erryka Adi Wijaya S.I.K  melalui laporan yang dikirimnya kepada MalangTIMES (25/1/2020).

Lanjutnya, modus operandi yang dilakukan pelaku saat beraksi, yakni berupura-pura akan membeli HP dan pada saat HP dikeluarkan korban, tersangka beralibi mengecek dan memegang HP tersebut.

Namun pada saat korban dalam keadaan lengah dengan spontan tersangka langsung membawa tiga Hp di atas etalase tersebut. "Sudah ada temannya yang menunggu di atas sepeda motor kemudian kabur. Dan pada saat itu tersangka berhasil membawa barang hasil pencurian," bebernya

Sementara itu, saat ditangkap, dari tangan pelaku diamankan dua buah hp, satu buah parang yang ditemukan dikontrakkan pelaku, satu sepeda motor yang digunakan sebagai sarana, dan beberapa barang bukti lainnya.

"Pelaku dikenakan Pasal 363 ancaman hukuman lima tahun penjara. Saat ini petugas masih melakukan pengejaran terhadap rekan pelaku. Satu pelaku yang tertangkap saat ini masih terus diperiksa untuk pengembangan," pungkasnya.